10 Aplikasi Matematika Gratis untuk Pengguna Android

Pasti banyak yang berpikir bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, ya kan? Tetapi kalau kita belajar, kita juga bisa kok berteman dengan x dan y. Zaman sekarang, belajar matematika bisa lebih praktis. Selain belajar di sekolah atau bimbel, kita juga bisa belajar sendiri lewat buku, artikel di internet, youtube, bahkan aplikasi di smartphone. 

Sebagai pengguna android, kali ini saya akan membagikan aplikasi matematika apa saja yang menurut saya patut untuk diunduh. Selain untuk belajar matematika, bisa juga untuk membantu dalam mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas kampus. Aplikasi matematika yang saya sebutkan hanya aplikasi yang sudah saya coba sebelumnya dan dapat diunduh gratis di Play Store handphone kalian. Saya juga tidak dibayar untuk mempromosikan aplikasi-aplikasi tersebut, tapi memang sebagus itu hiks 😂

1.   Geogebra Calculator Suite


      Geogebra ini andalan saya saat kuliah dalam urusan menggambar grafik fungsi dan persamaan. Sebenarnya ada banyak jenis Geogebra di Play Store, entah mengapa Geogebra Calculator Suite ini lebih enak digunakan dibandingkan yang Classic. Selain aplikasi di HP, bisa juga dibuka melalui website geogebra.org atau aplikasi di laptop.

    Dengan aplikasi ini, kita bisa menggambar grafik fungsi (linear, kuadrat, polinom, eksponensial, trigonometri, dkk) dan persamaan (garis, lingkaran, elips, parabola, hiperbola), menentukan titik potong, titik maksimum & minimum sebuah fungsi, dan masih banyak lagi. Selain itu, bisa digunakan layaknya kalkulator. Kita juga bisa mencari himpunan peenyelesaian dari persamaan atau pertidaksamaan dengan format solve(...) (... diganti dengan persamaan atau pertidaksamaan yang kita cari himpunan penyelesaiannya), tetapi tidak ada langkah pengerjaannya. Aplikasi ini juga bisa menyelesaikan soal limit, trigonometri, turunan, integral hanya saja tidak ada langkah pengerjaannya. Semua itu bisa kita lakukan dengan aplikasi ini tanpa koneksi internet!! Uwooow mantabs kan. Akan tetapi ada fitur yang membutuhkan koneksi internet seperti statistik. Pokonya banyak deh fiturnya. Silakan coba sendiri hehe.

2. Graphing Calculator by Mathlab

    Dari namanya saja sudah jelas bahwa ini berupa kalkulator dan terdapat fitur untuk membuat grafik fungsi dan persamaan. Fitur membuat grafiknya memang tak selengkap geogebra, tetapi lebih mudah digunakan untuk pelajar SMP dan SMA tanpa koneksi internet. Kalkulator biasa, seperti tambah, kurang kali, bagi, log, pangkat, akar, matriks, trigonometri juga tak membutuhkan koneksi internet selama tidak ada variabelnya (x, y, dkk). Hanya saja untuk limit, turunan, integral, menyelesaikan persamaan atau pertidaksamaan, yang biasanya ada variabelnya, membutuhkan koneksi internet dan tidak ada langkah pengerjaannya. Walaupun begitu, aplikasi ini sangat membantu dan layak untuk dicoba.

3.Math Tricks

    Aplikasi ini berbentuk permainan berhitung cepat. Terdapat beberapa mode dan juga level.  Permainan ini juga memberikan trik dalam menghitung cepat tanpa harus ditulis terlebih dahulu. Aplikasi ini juga dapat dijalankan tanpa koneksi internet. Lumayan untuk mengisi waktu luang. Bagi yang penasaran gimana caranya menghitung tanpa ngotret, langsung unduh saja.

4.  MalMath

    Sama seperti Graphing Calculator by Mathlab, aplikasi ini berupa kalkulator dan terdapat fitur untuk membuat grafik fungsi dan persamaan satu variabel (persamaan lebih dari satu variabel, seperti lingkaran, tidak bisa). Fitur untuk membuat grafik fungsi dan persamaan satu variabel pun hanya sebatas menunjukkan grafiknya, tidak dengan titik potong, titik puncak, dan informasi lainnya. Untuk kalkulatornya, terdapat fitur integral, turunan, limit. Akan tetapi, anehnya tidak ada lambang mutlak (atau saya saja yang tidak melihat 😟). Aplikasi ini bisa digunakan untuk mencari himpunan penyelesaian persamaan atau pertidaksamaan satu variabel. Tinggal ketik persamaan atau pertidaksamaan satu variabelnya lalu klik solve yang terdapat di pojok kanan bawah. Kelebihannya adalah terdapat langkah pengerjaannya dan tanpa harus terkoneksi dengan internet. Waaw cinta banged. Memang ya ada kekurangan dan kelebihan. Hanya saja belum ada bahasa indonesianya, jadi pakai bahasa inggris.

5.Microsoft Math Solver

    Aplikasi ini dapat menyelesaikan persoalan matematika dengan memoto, menggambar, atau mengetik persoalannya. Persoalan matematikanya bisa berupa permutasi, kombinasi, FPB, KPK, integral, turunan, faktorial, trigonometri, persamaan atau pertidaksamaan satu variabel, dan masih banyak lagi. Untuk persoalan yang simpel, biasanya ada langkah pengerjaannya. Jawaban akan tertera beserta grafiknya. Hanya saja aplikasi ini membutuhkan koneksi internet. 

6.  Socratic by Google

    Tinggal foto pertanyaanmu, socratic akan membantumu. Fotonya harus jelas. Atau bisa juga dengan mengetikkan pertanyaanmu. Akan tetapi, socratic tidak langsung menjawab pertanyaanmu. Aplikasi ini akan memunculkan materi yang berkaitan dengan pertanyaanmu. Aplikasi ini juga akan menyediakan beberapa pilihan website yang akan menjawab pertanyaanmu. Saran saya, pilih website Wolfram Alpha, karena langkah pengerjaannya sangat rinci. Tentu saja aplikasi ini membutuhkan koneksi internet. Di aplikasi ini juga menyediakan materi matematika dan materi-materi lainnya yang bisa kita pelajari.

7.  Mathway

   Fitur matematikanya lengkap parah!! Integral, turunan, limit, matriks, sigma sudah pasti ada. Bahkan menghitung koefisien korelasi juga ada. Hanya saja untuk melihat langkah pengerjaannya, kita harus berlangganan terlebih dahulu. Terkadang bisa melihat langkah pengerjaannya dengan menonton iklan kalau lagi hoki hehe. Langkah pengerjaannya juga sangat jelas. Untuk fitur grafik fungsi dan persamaannya hanya bisa menunjukkan grafiknya saja, tidak selengkap geogebra. Aplikasi ini membutuhkan koneksi internet.

8.  Photomath

    Dari namanya saja sudah jelas. Sama seperti Socratic, kita tinggal memoto pertanyaannya. Bedanya, Photomath langsung menyediakan jawaban beserta langkah pengerjaannya. Langkah pengerjaannya juga sangat jelas. Hiks terharu. Selain memoto, kita juga bisa mengetik pertanyaannya. Ingat! Penulisan pertanyaannya bukan seperti "tentukan himpunan penyelesaian dari |x-3|>2.", tetapi langsung saja "|x-3|>2". Fitur kakulatornya ada integral, turunan, limit, trigonometri, sigma, dll. Mencari himpunan penyelesaian dari persamaan atau pertidaksamaan satu variabel juga bisa (lebih dari satu variabel tidak bisa). Aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet.

9.  yHomework - Math Solver

    Aplikasi ini memiliki berbagai mode. Ada mode kalkulator, faktorisasi prima, KPK & FPB, konversi persentase, turunan, garis, dan lingkaran. Untuk mode kalkulatornya tidak begitu lengkap, bahkan log tidak ada. Namun, untuk penyelesaian persamaan atau pertidaksamaannya, terdapat langkah pengerjaannya yang cukup rinci. Untuk mode lainnya, bisa kalian telusuri dengan mengunduh aplikasi ini. Aplikasi ini bisa gratis dengan syarat mengangktifkan iklannya. Tidak perlu koneksi internet. 

10. Formulia

     Aplikasi ini menyediakan berbagai rumus matematika, fisika, kimia, dkk untuk tingkat SMP, SMA, bahkan kuliah. Tidak perlu koneksi internet. Sangat berguna untuk mahasiswi seperti saya yang suka lupa rumus. Ada fitur kalkulatornya juga. 


Itulah aplikasi-aplikasi matematika yang bisa kalian unduh untuk belajar atau membantu tugas. Walaupun demikian, jangan terlalu bergantung kepada aplikasi ya. Kalian harus tetap mempelajari konsep matematikanya. Jangan pula disalahgunakan. Percaya deh, yang rugi kalian sendiri. 

Sepertinya masih banyak banget fitur dari aplikasi-aplikasi di atas yang belum disebutkan. Silakan explore sendiri dengan mengunduhnya. Bila ada aplikasi matematika lainnya yang worth untuk diunduh dan belum saya sebut, boleh ditulis komen yaa. Sekalian nambah informasi, bukan?

Mohon maaf apabila ada yang keliru. Semoga beberapa aplikasi ini bisa membantu kalian dalam belajar matematika atau bahkan membuat kalian lebih mencintai matematika. 

Stay healthy~
Salam ngemeal 🍲

Sumber gambar logo aplikasi: https://play.google.com/store

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi (Part II): Menentukan Daerah Asal (Domain) dan Daerah Hasil (Range) Suatu Fungsi

Teorema Nilai Mutlak (Sifat Nilai Mutlak) Beserta Pembuktiannya

Vektor (Part I): Pengertian, Menentukan Komponen Vektor, Penulisan Vektor Secara Aljabar, Panjang Vektor