Latihan Soal dan Pembahasan Materi Eksponen Kelas 10

eksponen

Di hari yang cerah ini (kalau mendung atau hujan, anggap aja cerah 😉), ga lengkap rasanya kalau belum latihan soal. Soal-soalnya saya ambil dari soal UN tahun-tahun sebelumnya atau soal di buku pemantapan
yang ga saya kerjakan dulu. Lumayan kan untuk kita bahas. Siapkan cemilanmu dan jangan lupa berdoa. Semoga apa yang kita kerjakan bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Untuk yang masih lupa mengenai materi eksponen, boleh baca dulu: 

Latihan soal

1). Bentuk sederhana dari:
     2√8 + √18 + (1/4)√32 + √200 adalah...

2). Bentuk sederhana dari
     eksponen adalah...

3). Hasil dari
    eksponen ...

4). Bentuk sederhana dari 
     eksponen adalah...

5). Nilai dari 
    eksponen adalah...

6). Jika diketahui 2x + 2-x  = 7, maka nilai dari 22x + 2-2x adalah...

7). Jika x memenuhi persamaan 9x + 8(3x-1) = 1, maka  (9x^2)/3=

8). Nilai x yang memenuhi persamaan eksponen adalah ...

9). Jika n memenuhi 
    eksponen
    maka (n - 3)(n + 2) = ...


10). Jika a dan b adalah bilangan real positif, maka
     eksponen ...


Satu soal bonus lagi deh yaa
Jika a, b, x adalah bilangan real positif dan
eksponen, maka nilai x adalah ...

Silakan kerjakan dengan cara kalian masing-masing. Jangan langsung panik saat melihat soalnya. Baca dengan teliti dan seksama, kalian pasti bisa menjawabnya.

Pembahasan

1). 2√8 + √18 + (1/4)√32 + √200 
    = 2√(4x2) + √(9x2) + (1/4) √(16x2) + √(100x2)
    = 2 √4 √2 + √9 √2 +(1/4) √16 √2 + √100 √2
    = 2 (2) √2 + 3√2 + (1/4) (4) √2 + 10√2
    = 4√2 + 3√2 + √2 + 10√2
    = (4 + 3 + 1 + 10) √2
    = 18√2

2). Bentuk  memiliki penyebut (2√2 + √7). Untuk merasionalkan / menyederhanakannya, bisa dengan cara mengalikan pembilang dan penyebut pecahan tersebut dengan (2√2 - √7). 

    eksponen

3).
     eksponen

4). 
    eksponen

5).
    eksponen

6). Diketahui 2x + 2-x  = 7
     22x + 2-2x = (2x)2 + (2-x)2

    Ingat!!!
    (a + b)2 = a2  + 2ab + b2 sehingga a2 + b2 = (a + b)2 - 2ab

    (2x)2 + (2-x)2 = (2x + 2-x)2 - 2(2x)(2-x)
                          = (7)2 - 2(2x+(-x))
                          = 49 - 2(20)
                          = 49 - 2(1)
                          = 49 - 2
                          = 47

7). Jika x memenuhi persamaan 9x + 8(3x-1) = 1, maka  (9x^2)/3=...
     9x + 8(3x-1) = 1 ⇔ (32)x + 8(3x)(3)-1 = 1
                               ⇔ (3x)2 + 8(3x)/3 = 1
                               kedua ruas dikalikan 3
                               ⇔ 3. (3x)2 + 8(3x) = 3
                               ⇔ 3. (3x)2 + 8(3x) - 3 = 0

    Misalkan 3x = p, maka diperoleh:
        3p2 + 8p - 3 = 0
    ⇔ (3p - 1)(p + 3) = 0
    ⇔ 3p - 1 = 0 atau p + 3 = 0
    ⇔ p = 1/3 atau p = -3

    Untuk p = 1/3,
    p = 3x = 1/3 ⇔ 3x = 3-1 , maka x = -1

    Untuk p = -3,
    p = 3x = -3, tidak mungkin karena nilai pangkat tidak ada yang negatif.

    Jadi, x = -1.

    (9x^2)/3= (9(-1)^2)/3-1
                   = 9. 31
                   = 27

8).
    eksponen


    maka (1 - 2x) /3 = -2x - 1
           ⇔     1 - 2x = -6x - 3
           ⇔    6x - 2x= -3 - 1
           ⇔           4x= -4
           ⇔             x= -1

9). 
    eksponen
    dapat dituliskan dalam bentuk eksponen, yaitu (250,25)n  = 125.
    
    (250,25)n  = 125 ⇔ (52)0,25n  = 53
                              ⇔ 50,5n  = 53
    maka 0,5n = 3 ⇔ n = 6

    (n - 3)(n + 2) = (6 - 3)(6 + 2) = (3)(8) = 24
    

10). 
    eksponen


Soal bonus
Jika a, b, x adalah bilangan real positif dan
eksponen, maka nilai x adalah ... 
eksponen
Jadi nilai x adalah ab


Mudah, bukan? Bentuk soal seperti soal di atas tidak hanya keluar di UN, tetapi juga muncul di SBMPTN. Jadi teruslah berlatih agar masuk ke kampus pilihanmu. Ingat!! Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Cayooo 📣

Apabila ada yang keliru atau ada yang ingin ditanyakan, silakan komen yaa..

Selamat belajar~
Salam ngemeal 🍲





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi (Part II): Menentukan Daerah Asal (Domain) dan Daerah Hasil (Range) Suatu Fungsi

Teorema Nilai Mutlak (Sifat Nilai Mutlak) Beserta Pembuktiannya

Vektor (Part I): Pengertian, Menentukan Komponen Vektor, Penulisan Vektor Secara Aljabar, Panjang Vektor